Kata Web tentu
tidak asing pada zaman sekarang ini, bagaimana tidak... setiap hari setiap jam
sebagian orang mengakses web dengan koneksi internet. kemudian kata Science
juga tidak asing pada beberapa orang, yang kita kethuai science itu adalah ilmu
pengetahua sains, atau lebih rincinya ilmu pengetahuan yang memberikan manfaat
bagi kehidupan manusia dan seluruh isinya.
Jadi, Web Science dapat dirtikan sebagai ilmu yang mempelajari
tentang efisiensi atau pemanfaatan dari sebuah web, agar dapat dirasakan
manfaat dan kegunaannya pada banyak bidang di dalam kehidupan
sehari-hari..Contoh-contoh nyata yang sudah diterapkan dapat dilihat pada
bidang komersil atau bidang ekonomi, bidang sosial dan bidang pendidikan.
Web ditemukan oleh Sir Timothy John Tim Berners-Lee,
sedangkan situs web yang tersambung dengan jaringan pertama kali muncul pada
tahun 1991. Maksud dari Tim ketika merancang situs web adalah untuk memudahkan
tukar menukar dan memperbarui informasi pada sesama peneliti di tempat ia
bekerja. Pada tanggal 30 April 1993, CERN (tempat dimana Tim bekerja)
mengumumkan bahwa WWW dapat digunakan secara gratis oleh publik.
Sebuah situs web bisa berupa hasil kerja dari perorangan atau
individu, atau menunjukkan kepemilikan dari suatu organisasi, perusahaan.
biasanya pembahasan dalam sebuah situs web merujuk pada sebuah ataupun beberapa
topik khusus, atau kepentingan tertentu. Sebuah situs web bisa berisi pranala
yang menghubungkan ke situs web lain, demkian pula dengan situs web lainnya.
Hal ini terkadang membuat perbedaan antara situs web yang dibuat oleh individu
ataupun perseorangan dengan situs web yang dibuat oleh organisasi bisnis
menjadi tidak begitu jelas.
Situs web biasanya ditempatkan pada server web. Sebuah server
web umumnya telah dilengkapi dengan perangkat-perangkat lunak khusus untuk
menangani pengaturan nama ranah, serta menangani layanan atas protokol HTTP
yang disebut sebagai Server HTTP (bahasa Inggris: HTTP Server) seperti Apache
HTTP Server, atau Internet Information Services (IIS).
a. Pre Web :
Pre-web adalah era dimana prototype seperti memex, usenet,
gopher dan ftp muncul sebelum kemudian berevolusi menjadi internet. Internet
sendiri adalah tempat dimana web muncul pertama kalinya ke publik sampai saat
ini.
- The Memex
(Memory Index)
The memex (sebuahsingkatan dari "memori" dan
"index") adalah nama hipotetis proto-hypertext sistem yang Vannevar
Bush jelaskan pada tahun 1945 pada artikel bulanan The Atlantic " As We
May Think "(AWMT). Bush membayangkan memex sebagai perangkat di mana
individu akan mengkompres dan menyimpan semua buku-buku mereka, catatan, dan
komunikasi, "mekanis sehingga dapat berkonsultasi dengan melebihi
kecepatan dan fleksibilitas." The memex akan memberikan "suplemen
intim yang diperbesar ke memori seseorang". Konsep memex mempengaruhi
perkembangan awal hypertext sistem (akhirnya mengarah ke penciptaan World Wide
Web ) dan basis pengetahuan personal software.
- HyperText
Hypertext adalah sebuah bahasa markup yang digunakan untuk
membuat sebuah halaman web, menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah
Penjelajah web Internet dan formating hypertext sederhana yang ditulis kedalam
berkas format ASCII agar dapat menghasilkan tampilan wujud yang terintegerasi.
Dengan kata lain, berkas yang dibuat dalam perangkat lunak pengolah kata dan
disimpan kedalam format ASCII normal sehingga menjadi home page dengan
perintah-perintah HTML. Bermula dari sebuah bahasa yang sebelumnya banyak
digunakan di dunia penerbitan dan percetakan yang disebut dengan SGML (Standard
Generalized Markup Language), HTML adalah sebuah standar yang digunakan secara
luas untuk menampilkan halaman web. HTML saat ini merupakan standar Internet
yang didefinisikan dan dikendalikan penggunaannya oleh World Wide Web
Consortium (W3C).
- Internet
Internet (kependekan dari interconnection-networking) secara
harfiah adalah sistem global dari seluruh jaringan komputer yang saling
terhubung menggunakan standar Internet Protocol Suite (TCP/IP) untuk melayani
miliaran pengguna di seluruh dunia. Manakala Internet (huruf 'I' besar) ialah
sistem komputer umum, yang berhubung secara global dan menggunakan TCP/IP
sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol).
Rangkaian jaringan internet yang terbesar dinamakan Internet. Cara
menghubungkan rangkaian dengan kaedah ini dinamakan Internetworking.
- Usenet
Singkatan dari user network, merupakan salah satu jaringan
tertua yang dilayani oleh internet. Awalnya didesain pada Duke University
ditahun 1979 dan dikembangkan pada Duke
University dan North Carolia University setahun kemudian, tujuan utama dari
USENET adalah untuk bertukar pesan teks (text message) di antara node (komputer
yang terhubung pada jaringan). USENET telah tumbuh untuk mencakup berbagai
macam forum dan juga newsgroup, dalam jumlah puluhan ribu node yang terhubung.
- FTP(File
Transfer Protocol)
FTP merupakan salah satu protokol Internet yang paling awal
dikembangkan, dan masih digunakan hingga saat ini untuk melakukan pengunduhan
(download) dan penggugahan (upload) berkas-berkas komputer antara klien FTP dan
server FTP. Sebuah Klien FTP merupakan aplikasi yang dapat mengeluarkan
perintah-perintah FTP ke sebuah server FTP, sementara server FTP adalah sebuah
Windows Service atau daemon yang berjalan di atas sebuah komputer yang
merespons perintah-perintah dari sebuah klien FTP. Perintah-perintah FTP dapat
digunakan untuk mengubah direktori, mengubah modus transfer antara biner dan
ASCII, menggugah berkas komputer ke server FTP, serta mengunduh berkas dari
server FTP.
- Gopher
Gopher adalah protokol layer aplikasi TCP/IP yang dirancang
untuk distribusi, pencarian, dan pengambilan dokumen melalui Internet. Sangat
berorientasi pada desain dokumen menu, protokol Gopher disajikan menarik untuk
alternatif World Wide Web pada tahap awalnya, tapi akhirnya gagal mencapai
popularitas. Gopher adalah, Program berbasis teks yang digunakan untuk
mem-browser daftar menu Internetpada berbagai server gopher. Pengertian Gopher
dari sumber lain adalah suatu aplikasi perangkat lunak yang tesusun atas
beberapa menu sistem pencarian dan penemuan kembali. Situs Gopher adalah
komputer yang menampilkan menu-menu yang mewakili data dan informasi yang
tersedia. Secara mendasar, menu-menu ini merupakan daftar isi untuk mengolah
dan menunjuk ke sebuah informasi tertentu. Pojok Pedia Layanan ini menggunakan
FTP untuk pertukaran file dan Telnet untuk koneksi dengan server tertentu. Gopher
yang memiliki sistem berbasis menu paling dasar ini menyediakan konektifitas
yang saling berhubungan antara file-file pada komputer-komputer Internet.
File-file ini nampak seperti direktori berseri di seputar menu Gopher yang
sebenarnya file-file tersebut berlokasi di komputer lain. Gopher menyediakan
akses ke dokumen teks, Grafik dan suara digital hanya dapat dimasukkan dalam
kumpulan sebuah dokumen, yang harus didownload ke komputer lokal, dan baru
kemudian dapat dilihat dengan program lain. Gopher juga memungkinkan akses ke
beberapa fasilitas lain yang ada diinternet seperti Telnet untuk melakukan hubungan
komunikasi jarak jauh. Manfaat Aplikasi Gopher ini adalah user tidak perlu
mengetahui alamat yang khusus pada komputer yang akan di akses. Gopher sendiri
merupakan sistem yang memungkinkan para pengguna internet dapat mengakses
berbagai situs. Selain itu Gopher yang merupakan sistem dengan otomatisasi
dimana pemakai dapat mengakses informasi dengan menggunakan hirarki.
b. Versi-versi Web
1.) Web 1.0
Web 1.0 adalah web yang hanya bisa ‘read-only’. Maksudnya
adalah pada web 1.0 ini kebanyakan hanya
bisa melakukan pencarian atau browsing informasi yang ingin dicari. Beberapa ciri khas dari situs Web 1.0:
1. Halaman statis, bukan dinamis pengguna-konten yang
dihasilkan.
2. Penggunaan framesets.
3. Milik HTML ekstensi seperti dan tag diperkenalkan pada
awal perang browser.
4. Online guestbook.
5. GIF tombol, biasanya 88×31 piksel dalam ukuran web browser
dan mempromosikan produk lain.
6. Pengguna akan mengisi formulir, dan setelah mereka
mengklik mengirimkan email klien akan
mencoba untuk mengirim email yang berisi formulir rincian.
2.) Web 2.0
Web 2.0 adalah web yang mengarah pada ‘read and write’. Pada
web 2.0 ini adalah web yang lebih mempunyai keunggulan daripada web 1.0. web
2.0 ini mempunyai inovasi dan fitur – fitur yang terbaru yang menyebabkan
munculnya suatu pandangan tentang bagaimana isi dari web 2.0 ini.
Keuntungan atau kelebihan dari web 2.0 ini berbanding
terbalik dengan web 1.0 yaitu pengguna (pengunjung web) berkemungkinan dapat
melhat suatu konten website tanpa harus mengunjungi situs tersebut dan harus
melihat semua konten yang ada satu per satu.
3.) Web 3.0
Web 3.0 adalah sekumpulan teknologi yang menawarkan cara baru
yang efisien dalam membantu komputer mengorganisasi dan menarik kesimpulan dari
data online. Konsep ini dapat diandaikan sebuah website sebagai sebuah intelektualitas
buatan (AI/Artificial Intelegence).Jadi di konsep ini, diibaratkan tidak hanya
manusia saja yang mampu berinteraksi (web 2.0) tetapi aplikasi-aplikasi online
pun (website) kini dapat saling ‘berbicara’.
Arsitektur Website adalah suatu pendekatan terhadap desain
dan perencanaan situs yang, seperti arsitektur itu sendiri, melibatkan teknis,
kriteria estetis dan fungsional. Seperti dalam arsitektur tradisional, fokusnya
adalah benar pada pengguna dan kebutuhan pengguna. Hal ini memerlukan perhatian
khusus pada konten web, rencana bisnis, kegunaan, desain interaksi, informasi
dan desain arsitektur web. Untuk optimasi mesin pencari yang efektif perlu
memiliki apresiasi tentang bagaimana sebuah situs Web terkait dengan World Wide
Web.
a. HTTP, HTML, Web Server, browser dan Transaction
· HTTP
(Hypertext Transfer Protocol)
sebuah protokol jaringan lapisan aplikasi yang digunakan
untuk sistem informasi terdistribusi, kolaboratif, dan menggunakan hipermedia.
· HTML (Hyper
Text Markup Language)
bahasa standar untuk membuat suatu dokumen HTML (halaman web)
yang terdiri dari kode-kode singkat tertentu, dimana dengan kode-kode tersebut
akan memerintahkan Web Browser bagaimana untuk menampilkan halaman Web yang
terdiri dari berbagai macam format file seperti teks, grafik, animasi, link
maupun audio-video.
· Internet
sebuah jaringan komputer yang terdiri dari berbagai macam
ukuran jaringan komputer di seluruh dunia mulai dari sebuah PC,
jaringan-jaringan lokal berskala kecil, jaringan-jaringan kelas menegah, hingga
jaringan-jaringan utama yang menjadi tulang punggung internet seperti NSFnet, NEARnet,
SURAnet, dan lain-lain.
· Web browser
sebuah progam yang dapat menterjemahkan kode perintah dari
dokumen HTML tersebut sehingga dapat kita lihat, baca dan dengar. Contoh dari
Web Browser adalah Internet Explorer, Netscape Navigator, Mozilla Firefox,
Opera, Safari dll.
· web server
Software yang menyediakan layanan akses kepada pengguna
melalui protokol komunikasi HTTP atau HTTPS atas berkas-berkas yang terdapat
pada suatu situs web dalam layanan ke pengguna dengan menggunakan aplikasi
tertentu seperti peramban web.
· Transaction
Browser Transaction adalah program yang digunakan untuk
menjelajah internet dan untuk transaksi bisnis rutin seperti daftar gaji dan
inventarisasi.
B. User generated content, blogs, wikis,
folsonomies, social network
· User
Generated Content.
User Generated Content (UCG) adalah berbagai jenis content
yang tersedia secara publik dan diproduksi oleh para end-user.
Kunci utama dalam User Generated Content adalah sebuah
participatory atau partisipasi. Para
foundersitus-situs di atas pasti berfikir, bagaimana agar jutaan pengguna
internet tertarik untuk masuk dan berpartisipasi. Manfaat aplikasi web yang
menarik, kemudahan penggunaan, interface yang nyaman, layanan terjamin,
knowledge sharing mungkin bisa membuat pengguna tertarik untuk mencoba dan
berpartisipasi di dalamnya.Sebagian kalangan mengatakan User Generated Content
ini sebagai Perbudakan 2.0.
Mereka (para Founder) tidak perlu susah-susah untuk
mengupdate konten situsnya sendiri, cukup membuat aplikasi web kemudian
mempekerjakan jutaan pengguna internet untuk mengisi konten utamanya. Mereka
(jutaan pengguna intenet) tidak dibayar dari menulis konten tapi founder
mendapatkan banyak benefit dengan situs yang mereka tawarkan.
· Blogs
singkatan dari Web Log, Blog itu sendiri adalah sebuah situs
yang asal mulaya merupakan catatan harian online yang dibuat oleh siapa pun,
kapan pun, dan di manapun. Jenis Blog / penyedia Blog local maupun
internasional : Blogger.com, wordpress.com, Typepad.com, livejournal.com,
blogdrive.com.
· Wikis
kumpulan halaman-halaman web yang dapat diubah oleh semua
orang setiap saat. Konsep dan peranti lunak wiki diciptakan oleh Ward
Cunningham.
· Folksonomies
Folksonomies adalah sebuah metode untuk menciptakan dan
mengatur tag yangmenjelaskan dan mengategorikan content. Tag tersebut umumnya
merupakanhyperlink yang akan mengarahkan Anda pada sekumpulan item
yangberhubungan dengan tag tersebut. Bentuk tag tidak selalu harus berupa
teks,tetapi dapat juga berupa image. Sekumpulan tag yang saling terkait
denganpersamaan bentuk sering juga disebut tag cloud, umunya tag cloud memiliki
30hingga 150 tag.
· Social
Network
Social Networking adalah kegiatan menjalin hubungan dengan
orang lain melalui social media sites / situs jejaring sosial yang ada di
internet. Bisa diakses di mana saja, kapan saja dan oleh siapa saja. Dan tidak
jarang juga, orang-orang yang “maenan” situs semacam ini dibilang melakukan
kegiatan yang ngga mutu. Padahal status update pun memiliki potensi dengan
dampak yang luas. Sayangnya, terlalu sering sebuah buku dinilai hanya dari
sampulnya.
C. Semantic Web summary: XML, RDF, OWL,
microformats, microdata
Semantic web merupakan perkembangan dari World Wide Web,
dimana informasi semantik dan layanan web didefinisikan, sehingga memungkinkan
bagi web untuk memahami dan memenuhi permintaan orang dan mesin untuk
menggunakan konten web.
· XML
XML (Extensible Markup Language) adalah bahasa markup untuk
keperluan umum yang disarankan oleh W3C untuk membuat dokumen markup keperluan
pertukaran data antar sistem yang beraneka ragam. XML merupakan kelanjutan dari
HTML (HyperText Markup Language) yang merupakan bahasa standar untuk melacak
Internet.
· RDF
Resource Description Framework (RDF) adalah suatu kerangka
kerja umum untuk bagaimana menggambarkan setiap sumber daya Internet seperti
situs web dan isinya.
· Microformats
Microformats adalah salah satu cara menambahkan penandaan
sederhana agar tiap data mudah terbaca oleh manusia seperti peristiwa, rincian
kontak atau lokasi pada halaman web sehingga informasi di dalamnya dapat
diekstraksi oleh perangkat lunak dan diindeks, dicari, disimpan, bertukaran-referensi,
atau dikombinasi.
· Microdata
Microdata merupakan mekanisme Anotasi berupa pasangan
variabel dan nilai yang diberikan pada sebuah dokumen HTML. Anotasi itu sendiri
bisa Anda artikan sebagai catatan yang dibuat oleh pengarang untuk menjelaskan
suatu kode.
Sumber:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar