Minggu, 26 Maret 2017

Menggali Potensi Diri

Menggali Potensi Diri



Assalamualaikum Wr Wb.

Pertama perkenalkan nama saya Ilham Amirullah mahasiswa Teknik Informatika angkatan 2013 di Universitas Gunadarma. Pada tulisan kali ini saya akan membahas mengenai potensi diri sendiri menurut pengalaman saya. Sudah 20 tahunan saya hidup didunia ini, maka sudah banyak pula plengalaman mengenai potensi dalam diri sendiri yang mungkin kedepannya juga masih panjang untuk mengenal bahkan menggali mengenai potensi diri.

Apa itu potensi diri? Pengertian pada Wikipedia menjelaskkan bahwa Potensi diri merupakan kemampuan, kekuatan, baik yang belum terwujud maupun yang telah terwujud, yang dimiliki seseorang, tetapi belum sepenuhnya terlihat atau dipergunakan secara maksimal oleh seseorang.

Setiap orang pasti punya potensi diri, potensi dalam arti kemampuan yang dimilikinya. Begitu juga saya, potensi bagi saya adalah suatu anugerah dari Allah yang memungkinkan saya memiliki kemampuan baik fisik ataupun mental yang akan mudah langsung dimengerti dan dilakukan saya walaupun juga butuh perjuangan untuk menguasai seluruh potensi diri saya yang lebih tinggi.

Pertama dimulai dari pengalaman saya untuk menggali ptensi diri saya. Setiap orang sering kali mengalami suatu kebimbangan atau kebingungan mengennai “apasih potensi diri saya?” “Apasih yang saya bisa? Yang saya kuasai? Kemampuan saya?” begitu juga yang dialami saya dalam menemukan potensi diri. Mulai dari sekolah yaitu dari SD sampai SMP yang hanya memikirkan belajar disekolah, tugas sekolah, PR, dan main dengan teman-teman. Tanpa saya sadari dari belajar disekolah mulai menyukai mata pelajaran disekolah, misal dulu saya suka pelajaran matematika, dan selalu maju kedepan jika disuru guru dan selalu dapat nilai besar, kemampuan saya dalam bidang matematika itu juga merupakan potensi diri saya walaupun tidak terlalu mendalam. Waktu SD juga saya mengikuti kursus computer dan saya sangat senang dengan computer. Apalagi semenjak masuk ke sekolah jenjang SMP saya juga menyukai mata pelajaran lain seperti TIK (Teknologi Informasi Komunikasi) dan juga kesenian karena saya juga menyukai dan bias bermain alat musik Gitar. Saya juga sering memainkan gitar ketika bermain dengan teman-teman. Sewaktu SMP juga saya suka bermain catur. Tanpa saya sadari beberapa yang saya suka dan saya kerjakan merupakan potensi diri sebagian kecil saya, itu menurut saya.

Selanjutnya saya masuk ke sekolah yang lebih tinggi tidak lain dan tidak bukan adalah SMA. Pada waktu sekolah SMA saya mulai kurang menyukai mata pelajaran matematika, yaaa mungki pada waktu itu tingkat kesusahan dalam matematika mulai tinggi dan juga saya sudah merasa malas untuk belajar matematika. Saat SMA saya masih menyukai alat music gitar dan sering memainkannya. Bahkan saat SMA saya masuk ke organisasi ekstrakulikuler Kesenian di sekolah SMA saya dan saya menjabat sebagai Koordinator bagian Band. Saya juga sering mengiuti parade-parade Band baik disekolah maupun diluar sekolah. Pada waktu SMA juga saya mulai menyukkai berorganisasi. Selain masuk ke eskul Kesenian, saya juga turut menjadi anggota MPK (Majelis Permusyawaratan Kelas). MPK ini satu tingkat diatas OSIS. Tetapi di MPK saya hanya bertahan 1 tahun, kemudian keluar setelah kelas 12.

 Pada saat SMA kelas 12 mulailah saya memikirkan masa depan untuk impian saya bisa masuk sekolah tinggi. Walaupun orang tua saya tidak bisa membiayai saya masuk ke sekolah tinggi saya berusaha dengan mencoba mengikuti program beasiswa. Dan Alhamdulillah saya mendapatkan beasiswa darri pemerintah. Mulailah saya memikirkan jurusan untuk masuk ke perguruan tinggi. Karena saya pas sekolah SD-SMP-SMA menyukai komputer ataupun mata pelajaran TIK, maka saya terbenak dalam diri saya bisa masuk kuliah dengan jurusan Teknik Informatika atau yang berbau computer.

Masuklah saya ke perguruan tinggi dengan jurusan Teknik Informatika di Universitas Gunadarma. Setelah masuk ke perkuliahan dan mulai belajar pertama kalinya, sungguh amat saya kaget. Mengapa?? Yang saya pelajari dari mulai SD-SMP-SMA mengenai computer adalah mengoperasikan aplikasi seperti office, fungsi-fungsi system operasi windows, dsb. Tetapi di kulian jurusan Teknik Informatika ini adalah mempelajari Logika-logika pemrograman, tentang computer science, dan lain lain berhubungan dengan pemrograman. Dan juga dikampus saya belajar system operasi linux sedangkan saya hanya mengenal system operasi windows pada laptop ataupun computer personal.

Untuk mengenal dan memasuki jurusan tersebut mau tidak mau saya mempelajarinya dari awal. Dengan banyak membaca buku, artikel, sampai bertanya kepada teman-teman yang sudah mahir. Pada awal kuliah semester 1 saya belum bisa menggali potensi diri dan hanya mengenal pembahasan baru di kampus.. pada semester 2 mulailah adanya praktikum LABTI yaitu belajar tentang Visual Basic dan Delphi. Saya lebih menyukai Visual basic dibandigkan dengan Delphi karena bahasanya lebih mudah dengan basic. Saya mulai belajar-belajar visual basic, walaupun pada akhirnya saya berhenti belajar Visual Basic ini juga.

Saya mulai mencoba perograman WEB. Pertama saya meminta ajarin kepada teman saya yag sudah mahir dalam pemrograman web ini, dan mulailah saya menyukai pemrograman ini juga. Saya mulai mempelajari web walaupun tidak intensif.

Mulailah pada semester 4 saya masuk sebagai Asissten LABTI, dan saya banyak blajar disana. Saya belajar mengajar dan itu sangat menyenangkan. Saya mulai menyukai blender 3D. dan saya banyak belajar ke teman saya. Dan saya pernah membuat objek 3D maupun game dengan blender.
Tetapi itu tidak berlangsung lama. Saya mulai mencoba mengikuti kursus game dengan Unity dan itu juga sangat menyenangkan. Bahkan pada Penulisan Ilmiah (PI) pada semester 6 saya membuat sebuah game 2D dengan Unity 2D.

Pada libur semester 6 saya mencoba magang di salah satu perusahaan yang ada di Bogor, sebagai programmer Android. Saya ditugaskan untuk membuat projek aplikasi berbasis Android. Karena saya belum pernah membuat aplikkasi android untuk itu saya inisiatif belajar dan mengembangkan aplikasi android menggunakan Android Studio.

Pada semester 7, terdapat tugas Lab yaitu membuat website dengan PHP dan framework Codeigniter (CI), selain praktikum saya juga mengajar sebagai Asisten untuk praktikum web ini. Saya pun belajar mengerti dari CI ini. Dan saya juga suka dengan CI ini.

Sampai saat ini saya lebih menyukai pemrograman Android dan juga Pemrograman Web (PHP , dan Codeigniter) terakhir juga saya ingin mempelajari pemrogrman web Laravel (salah satu framework PHP juga). Saya sangat ingin menjadi seorang programmer yang mahir dalam bidang web programming dan Android programming. Dan saya akan menggali terus potensi ini dengan banyak belajar, dan mencari pengalaman dibidangnya.


Kesimpulan dari saya adalah bahwa potensi diri pada manusia itu sebenarnya banyak hanya saja jika untuk mendalami potensi diri ke tingkat yang lebih tinggi itu haruslah fokus pada satu atau paling banyak dua potensi diri. Potensi diri tidak datang pada sendirinya melainkan harus mencari, mencoba, dan menggali potensi diri itu sendiri. Potensi diri akan timbul dari hal yang kita suka.

Kesimpulan untuk potensi diri yang saya akan gali inijuga adalah untuk menjadi orang mahir dalam pemrograman web dan juga android sebagai handle. 

Wassalamualaikum Wr Wb.

Referensi:
-         Wikipedia
-         ymparistopassi.fi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar